Published On: 2 February 2023

Sampah plastic di laut atau pesisir | Foto: Istimewa

KedaiPena.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menargetkan sampah plastik di laut dapat berkurang sebanyak 70 persen pada tahun 2025.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK, Rose Vivien Ratnawati menjelaskan melalui peraturan presiden (Perpres) Nomor 83 Tahun 2018 mengatur tentang Penanganan Sampah Laut, pemerintah saat ini memiliki tim yang menangani persoalan sampah di laut.

“Sebagai Ketua Koordinatornya adalah Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan untuk Ketua Hariannya adalah Menteri LHK Siti Nurbaya. Di dalamnya juga terdapat sekretariat yang terdiri dari 16 kementerian atau lembaga,” kata Vivien, dalam konferensi pers, di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta Pusat, Rabu (1/2/2023).

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK, Rose Vivien Ratnawati dalam konferensi pers peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu (1/2/2023) | Foto: Humas KLHK

Tim tersebut lanjutnya, mencanangkan target pada tahun 2025 adalah 70 persen Sampah plastic tak lagi masuk ke laut.

“Dari bekerja bersama-sama untuk mencapai target pengurangan sampah di laut sebesar 70 persen di tahun 2025 mendatang itu, pada periode 2021 dan 2022 yang masih dalam proses perhitungan, kita sudah menurunkan hingga 28 persen sampah masuk ke laut,” urainya.

Ia menjelaskan tingkat keberadaan sampah sebenarnya lebih banyak di darat, dengan persentase 80 persen.

“Karena itu, selain berupaya mengurangi sampah di laut, kami juga berusaha mengurangi jumlah sampah di darat. Program-program kita itu akhirnya saling terkait satu sama lain,” pungkasnya.

 

Source: KedaiPena.com

Share this information!

Leave A Comment