Alumni Ilmu Lingkungan Bersatu Kawal Indonesia Lestari

Para Alumni Studi Ilmu Lingkungan dari seluruh Indonesia mendeklarasikan IASILI atau Ikatan Alumni Studi Ilmu Lingkungan Indonesia. Kolaborasi cukup mengejutkan ini fokus untuk menghadapi krisis global energi dan pangan saat ini serta mengawal Indonesia menuju 2045, termasuk pemulihan pembangunan akibat COVID-19. Deklarasi IASILI dinyatakan secara simbolis dari Titik Nol IKN dan acara dilakukan secara daring pada Rabu, 17 Agustus 2020.

Tidak tanggung-tanggung, inisiator IASILI berasal dari berbagai alumni Universitas di Indonesia, antara lain Sarkowi Zahry dari UNMUL, Soleh Rusyadi dan Mahawan Karuniasa dari UI, Yohanes Lebang dari UNIPA, Joko Santoso dari UPR, Arlen dari USU, dan Agus Haryanto dari UHO. Sedangkan tokoh lingkungan hidup yang hadir, Sarwono Kusumaatmadja menyampaikan menyambut baik inisiatif para alumni bidang ilmu lingkungan.

Saat ini di tahun 2022, setelah 50 tahun Deklarasi Stockholm, dunia menghadapi apa yang disebut triple planetary crisis, yaitu meliputi krisis iklim, polusi dan sampah/limbah, serta degradasi alam dan keanekaragaman hayati, maupun kondisi lain planet kita yang sedang tidak baik-baik saja. Tentunya kondisi tersebut berdampak pada berbagai aspek kehidupan manusia termasuk ekonomi, sosial, dan politik. Ditambah dengan munculnya pandemi COVID-19 yang sampai saat ini pada kenyataannya belum tuntas. Permasalahan multi sektor ini perlu upaya bersama semua pihak untuk menanganinya, termasuk Indonesia.

Dihubungi secara terpisah, Mahawan Karuniasa, salah satu inisiator yang membacakan deklarasi, sekaligus Ketua Umum Ikatan Alumni Sekolah Ilmu Lingkungan UI (ILUNI SIL UI), mengatakan bahwa sains dan pilar lingkungan masih termarginalkan. Sudah saatnya alumni ilmu lingkungan hadir dibarisan depan melakukan aksi nyata saat ini dan mengawal Indonesia menghadapi tantangan yang tidak ringan seperti krisis iklim, SDGs, IKN, pemulihan COVID-19, potensi bencana dan disrupsi besar lainnya, serta agenda G20 dan implementasi konkretnya.

Siaran Pers Deklarasi IASILI

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.